Minggu, 19 April 2009

ASUS P5K Pro - MOTHERBOARD HEMAT ENERGI





Kali ini ASUS meluncurkan P5K Pro untuk bersaing di pangsa pasar menengah guna memenuhi keinginan para konsumen yang menyukai produk ASUS.

P5K Pro ini hadir dengan chipset P35 dari intel yang disandingkan dengan 4 DIMM soket memory DDR2 berkapasitas maksimal 8 GB, dua buah PCIe x 16 dengan dukungan teknologi Crossfire, dua buah PCIe x 1, dua buah PCI, enam buah soket SATA, satu buah soket IDE, dan satu buah soket Floppy. Selain itu, audio produk ini menggunakan chipset Realtek ALC 883 dengan 8 channel output. Tidak lupa untuk keperluan jaringan satu buah soket LAN tersedia dengan chipset Marvell88E8056. Sedangkan untuk Firewire produk ini menggunakan chipset VIA VT6308P.



Selain feature tersebut produk dilengkapi dengan fasilitas overclocking lewat bios, pada motherboard ini juga ditanamkan chipset EPU (Energi Processing Unit) untuk menangani penghematan energi. Kemasan dan perlengkapan produk ini dapat dikatakan lengkap dan informatif.
Pada saat dilakukan pengujian produk ini sempat mengalami beberapa kegagalan, namun setelah dilakukan update bios semua pengujian berhasil dilewati dengan baik (update dapat di download dari www.asus.com)Sistem pendinginan motherboard ini menggunakan HSF pada chipset north­brigde, namun demikian panas dapat terbuang dengan baik. Koneksi LAN, ASUS menjanjikan teknologi Gigabits persecond.



Desain motherboard ini juga cukup bagus karena posisi dua buah PCIe x 16 cukup berjarak, sehingga untuk pemasangan dua buah grafic card bukan suatu kendala yang dapat menghambat pembuangan panas yang dihasilkan dari grafik card. Posisi soket Processor juga memiliki ruang sehingga penggunaan heatsink besar tidak akan menjadi masalah.
Bios feature yang diberikan oleh motherboard ini tergolong lengkap dengan fasilitas untuk overclocking. Tidak lupa AI Suite untuk kemudahan update BIOS juga telah tersedia.
Kesimpulan: Produk ini meiliki kinerja yang cukup baik dan dokumentasi yang informatif, dibandrol dengan harga relatif murah. Selain itu feature yang ditawarkan cukup sepadan dengan kocek yang kita keluarkan.


0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com